Panduan lengkap memilih template situs yang baik

Tags

Panduan lengkap memilih template situs yang baik
Costume template, cara termudah dan tersingkat untuk merubah tampilan sebuah website atau blog. Jika kita search di google tentnag keyword "blogger template" atau "wordpress template" pasti keluar banyak hasil pencariannya, ada yang gratis dan juga berbayar (premium).
Costume template sendiri sudah lama menjadi industri yang menggiurkan. Seorang teman saya yang menjadi salah satu author di Themeforest (market place costum template) setiap bulan dia berpenghasilan +/- $3,000 - $5,000.
Tapi bukan itu yang akan kita bahas, kali ini kita akan membahas bagaimana memilih template situs yang baik.

Di luar sana banyak sekali template-template yang tampilannya keren, cepat, dan di cap seo friendly. Meskipun begitu kita seharusnya tidak langsung percaya pada 'kata-kata promotif' mereka. Harus kita buktikan terlebih dulu benar atau tidak sih yang mereka bilang itu!?

Sebagai permulaan, fyi template yang baik itu harus mempunyai 3 unsur ini :
1. Seo friendly
2. Responsive/Mobile Friendly
3. Fast loading
4. Valid HTML 5/CSS 3

Baca juga : Kesalahan yang sering dilakukan blogger saat mengganti template

    Kenapa kita harus memilih template yang harus SEO Friendly, Responsive, Fast Loading dan Valid HTML 5?!


    Template yang SEO Friendly
    Pengen dong situs atau blog kita banyak pengunjungnya? dapet banyak feedback dari pembaca? Nah itu kegunaan SEO. Jika blog kita sudah teroptimasi SEO (search engine optimization) akan memudahkan kita untuk mendapatkan visitor (pengunjung).

    Baca juga : 3 tool research keyword gratis

    Template yang Responsive/Mobile Friendly
    Akan sangat merugikan jika situs kita tidak mendukung tampilan untuk mobile platform (smartphone), karena trafik kunjungan internet sekarang lebih didominasi oleh pengguna smartphone (mobile platform).  Menurut Morgan Stanley Search sebuah perusahaan researcher asal New York mengungkapkan setiap tahun tingkat pengguna internet mobile selalu meningkat drastis.
    Panduan lengkap memilih template situs yang baik
    Sumber : Morgan Stanley Search

    Baca juga : Situs penyedia template blog gratis terbaik

    Template yang Fast Loading
    Sekarang jamannya internet ngebut, promosi paket internet 4G meraja lela, download film blue ray yang bergiga-giga paling cuma beberapa menit. Meskipun sekarang internet udah serba cepet tapi gak semua pengguna internet memiliki koneksi yang cepat. Seperti yang dipelosok pelosok daerah masih banyak yang menggunakan koneksi Edge bahkan GPRS pun maish dipakai.

    Baca juga : Pengaruh loading website terhadap jumlah visitor

    Template yang Valid HTML 5
    Valid HTML5 maksudnya struktur template situs kita harus sesuai dengan struktur HTML 5 terbaru. Ini harus dilakukan agar mengurangi kesalahan browser dalam merequest data pada situs kita.
    Struktur situs yang tidak valid struktur codingnya akan meninggalkan cela untuk website kita. Banyak error yang akan dihasilkan apabila struktur situs kita tidak rapi, seperti situs kita akan lebih lama termuat (loading) dan juga bisa merusak tataletak tampilan situs kita.
    Untuk mengecek valid dan tidaknya struktur situs, kita bisa menggunakan Validator.nu.